Tips Agar Laptop Tidak Mudah Panas

Halo sobat bloger, pada postingan kali ini ane mau kasih tips agar laptop kalian ga mudah panas.
Berikut tipsnya :
1. Gunakan cooling pad
cara ini paling umum, tapi pemakaian cooling pad kurang berpengaruh. cooling pad yg paling murah paling hanya menurunkan temperatur cpu 1-5C.
2. Bersihkan kipas heatsink notebook dari debu.
Biasanya jika laptop sudah lama dipakai, maka debu akan numpuk di kipas & heatsink. Debu akan menghalangi hembusan udara panas keluar.
3. Ganti thermal paste CPU
Setelah anda membersihkan heatsink dari debu, jangan lupa ganti thermal paste. Thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, melainkan membuat transfer panas dari CPU ke heatsink menjadi lebih bagus.
4. Suhu Ruangan
Suhu ruangan sangat berpengaruh terhadap panas laptop. Lebih baik anda menyalakan laptop di ruang yang sedikit sejuk, seperti di ruangan berAC.
5. Undervolting
Undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama sekali. yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock. Undervolting tidak sama dengan underclocking.
Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda. Tapi dari pada anda merasa kesusahan menyetel voltase stabil terendah ke tiap chip, Intel memakai voltase standard yang stabil (dan tinggi) ke setiap chip.
Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi (otomatis menambah tinggi temperatur cpu). Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah.
Proses undervolting memang memakan waktu, karena anda harus mencari voltase stabil terendah untuk setiap multiplier di CPU. Multiplier berhubungan dengan teknologi speedstep,  multiplier digunakan untuk mengatur clock cpu secara dinamik (tanda multiplier: 6x, 7x, 8x dst). 
Terima kasih telah berkunjung, semoga tips ini bermanfaat :D.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Protected By

Browser

More